Membuat Template Live Stream atau Memulai Live Stream di Studio Youtube

Setelah akun youtube terkonfirmasi dapat melakukan live stream (aktif setelah 24 jam … lihat artikel pertama). Maka untuk memulai live stream sangat mudah. Tinggal klik tombol icon “New Video” kemudian pilih “Live Stream”

Gambar 1. Pilihan Penambahan Video Baru atau Membuat Live Stream

Setelah menekan pilih Live Streaming, maka youtube akan menghantar kita ke situs Studio Live Streaming Youtube, dan kita tinggal memasukkan parameter yang kita inginkan, seperti Judul Video Live Streaming, menentukan apakah video kita publik atau private, membuat Dekripsi Abstraksi dari video, Kapan Live Stream akan dilakukan (Tanggal dan Jam), kemudian gambar thumbnail yang ditampilkan di awal video saat live belum tersedia dan apakah video ditetapkan untuk konsumsi anak2 atau bukan (penetapan penampilan hanya utk anak2 akan mengubah tampilan player youtube seperti penghilangan iklan dan live chat).

Gambar 2. Halaman Input Template Live Streaming

Apabila sudah pernah memiliki video live stream sebelumnya, maka sebelum masuk ke pilihan diatas, youtube memberi kesempatan kepada kita untuk membuat template dengan mengkopi isi dari template yang pernah dibuat.

Gambar 3. Pilihan Menyalin Dari Template Yang Sudah Ada

Kita bisa menentukan apakah mau menyalin dari streaming yang lama, atau membuat streaming baru. Pilihan streaming ada di tengah jendela ini, yang ditandai adanya panah ke bawah kecil di sebelah kanan. Apabila pilihan ini diklik, maka akan muncul daftar streaming yang pernah ada … Kita tinggal memilih mau mengkopi dari streaming yang mana.

Gambar 5. Daftar Pilihan Template Untuk Disalin

Catatan:
Bagaimana kalo kita tidak berniat membuat streaming baru?

Jawabnya adalah “klik saja tab Kelola yang ada di menu paling atas”

Setelah membuat template stream baru (baik benar2 baru dan memulai dari kosong, atau pun menyalinnya dari streaming lain), atau pun mengabaikan pembuatan template baru maka akan tampil daftar template2 live stream yang tersedia, seperti gambar di bawah ini

Gambar 6. Daftar Template Yang Siap Untuk Diberi Data Live Streaming

Untuk memulai streaming, maka klik salah satu template live stream sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Sehingga tampil halaman studio utk memulai live stream seperti di bawah ini

Gambar 7. Halaman Live Streaming

Di halaman ini, ada beberapa hal penting yang perlu diawasi adalah

  1. tombol “Live Streaming” di kanan atas … tombol di gambar berwarna abu2 … menandakan bahwa template ini belum bisa melakukan live streaming. Data streaming harus tersedia melalui aplikasi streaming (seperti OBS)
  2. Kunci streaming dengan tombol “Salin” disampingnya. Inilah kunci utk menghubungkan aplikasi streaming (seperti OBS) dengan template youtube kita. Gunakan tombol salin untuk menyalin (copy) data kunci tersebut dan menempelkannya (paste) di setting stream di aplikasi. Sehingga aplikasi stream siap mengirimkan data ke template live stream yang benar.
  3. Tab bernama “Kualitas Streaming” … tab ini utk melihat kondisi koneksi data. Selama belum tersedia koneksi, maka isi dari tab ini bisa memperlihatkan apa kemungkinan yang menyebabkan youtube tidak bisa menerima data live streaming dari aplikasi.
  4. Tombol “Edit” yang tampak di kanan judul template digunakan untuk mengubah status Template Live Stream ini … lihat gambar 2.

Selama proses streaming, halaman ini tidak boleh tertutup. Karena begitu ditutup, maka proses streaming akan berhenti.

Bersambung ke bagian 3, Melakukan Live Streaming Menggunakan Aplikasi OBS.

Membuat Live Streaming Menggunakan Youtube (2 dari 4)
Tagged on:                 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *